10 Mar 2013

Monitoring SMTP Gmail dengan WireShark

       Monitoring jaringan computer adalah bagian penting dalam perawata jaringan komputer. Monitoring sangat diperlukan dalam rangka menjaga kestabilan dan performa sebuah jaringan komputer. Analisa sebuah jaringan sangat penting karena dibutuhkan untuk memerikasa keamanan jaringan (security), untuk mendiagnosa kesalahan / troubleshooting dalam jaringan, men-debug implementasi protocol pada jaringan dan lain sebagainya. Selengkapnya bisa dibaca disini
Dan salah satu aplikasi atau software Network Analyzer yang terbaik saat ini adalah WireShark. WireShark adalah satu dari sekian banyak Network Analyzer Tools yang digunakan oleh administrator jaringan untuk melihat dan menganalisa paket jaringan,serta  pengembangan protokol jaringan.
Aplikasi wireshark ini berlisensi free / open source. Aplikasi ini juga dapat menangkap paket-paket data/informasi yang ada dalam jaringan yang dimonitoring. Semua jenis paket data dan informasi dalam berbagai format protokol pun akan dilihat dan dianalisa. Software ini juga sering diguakan untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berlalulintas dalam jaringan.

Untuk memulai tools ini dapat melalui shortcut pada start menu atau desktop. Setelah itu akan muncul Splash Screen dari WireShark tunggu proses loading selesai dan akan uncul tampilan wireshark. Kemudian klik “interface list” untuk memilih interface akan dicapture dan klik start.



Berikut adalah tampilan pada saat capturing.


Display Filter
Digunakan untuk memasukan sintaks-sintaks untuk memfilter (membatasi) paket-paket apa saja yang akan ditampilkan pada list paket.
Daftar Paket
Di sini akan ditampilkan paket-paket yang berhasil ditangkap oleh WireShark, berurutan mulai dari paket pertama yang ditangkap, dan seterusnya.
Pada daftar bagian Daftar Paket, terdapat kolom-kolom seperti berikut ini:
-    Time             : Menampilkan waktu saat paket tertangkap
-    Source          : Menampilkan ip sumber dari paket data
-    Destination  : Menampilkan ip tujuan dari paket data
-    Protocol        : Menampilkan protokol apa yang dipakai paket data
-    Info               : Menampilkan informasi mendetail tentang paket data.
Detail Paket  
Menampilakn detail dari sebuah paket yang terpilih pada Daftar paket di atasnya. Walaupaun jenis paket sama namun isi dari paket / informasinya satu dan lainya berbeda.
Detail Heksa : Kolom ini menampilkan detail paket yang terpilih akan ditampilkan dalam bentuk heksa. 

Saya akan mencoba menjalankan tool wireshark ini dengan mengunjungi situs www.polines.ac.id dan berikut adalah tampilan paket – paket data yang berlalulintas sesuai dengan protocolnya masing – masing.


Terlihat ada beberapa protokol (HTTP,TCP dll)  yang ada dengan paket datanya.

 Dan saya coba lagi untuk melakukan Ping ke 192.168.1.1 dalam satu jaringan.
Dapat dilihat dari hasil capturing yang dilakukan, informasi yang ada setelah ping ke 192.168.1.1


        Dari gambar capture wireshark diatas dapat ini, dapat dilihat informasi yang kita dapatkan bahwa saat melakukan ping ke ip 192.168.1.1 komputer mengirimkan paket ICMP echo request kepada ip tersebut dan sebaliknya ip yang dituju juga mengirimkan echo reply ke komputer sumber. dan seterusnya hingga ping yang dilakukan selesai.
      Wireshark memiliki kemampuan untuk menangkap paket yang berlalulintas dalam jaringan. Selain itu juga bisa melakukan filtering protokol lain selain ICMP, seperti  FTP dan lain-lain.

Download aplikasinya di : http://www.wireshark.org/download.html

0 comment :

Posting Komentar