26 Mar 2013

Analisa UDP dengan WireShark

Dalam arsitektur  jaringan komputer,  terdapat  lapisan-lapisan (  layer  )  yang memiliki tugas spesifik  serta  memiliki  protokol  tersendiri.  ISO  (International  Standard Organization) telah mengeluarkan suatu standard untuk arsitektur jaringan komputer yang dikenal dengan nama Open System Interconnection ( OSI ). Standard ini terdiri dari 7 lapisan protokol  yang  menjalankan fungsi komunikasi  sebuah jaringan Komputer.  Dalam TCP/IP  hanya terdapat 5 lapisan. Untuk UDP dan TCP sendiri berada pada Transport Layer yang berada pada arsitek TCP/IP.

www.infocellar.com
  

UDP   (User   Datagram   Protocol)   adalah   protocol dalam jaringan internet namun tidak pernah digunakan untuk mengirim data penting seperti halaman web, informasi database, email dll. UDP biasanya digunakan untuk streaming  audio  dan  video. Alasannya UDP lebih cepat daripada TCP adalah karena tidak ada bentuk kontrol aliran atau koreksi kesalahan. Intinya UDP : Melayani pengiriman datagram dengan sifatnya connectionless oriented,tanpa melalui pengecekan koreksi kesalahan,lebih beriorientasi pada kecepatan,banyak di gunakan untuk komunikasi data seperti tvstreaming, NFS, DNS, SNMP, dll Data yang dikirim melalui Internet dipengaruhi oleh tabrakan, dan kesalahan yang muncul. Sehingga dapat dilihat media  streaming   tidak berkualitas tinggi. Seperti pada Snifing / capturing protocol UDP menggunakan Wire Shark dengan Video Call Facebook. Terlihat gambar kurang begitu bagus. 

Pertama menjalankan tool WireShark
Kemudian melakukan video Call atau bisa jga dengan streaming Youtube atau streaming audio atau yang lainya.

Melakukan Capturing Menggunakan Wire Shark



Stop Capturing dan
Melihat paket data yang berada dalam UDP.


Source yang digunakan adalah 54758
Destination adalah 13392
Length panjang header adalah356
checksum 0x1aa5
pada UDP tidak terjadi proses handshaking dan sequence number overhead yang di perlukan untuk mengirimkan paket UDP sangatlah kecil sehingga cocok di gunakan untuk pada aplikasi yang membutuhkan query dan response.

0 comment :

Posting Komentar